Cara Melunasi Hutang KTA Online - Panduan Praktikal

Jika selama ini anda bertanya-tanya bagaimana cara melunasi hutang KTA Online? Mungkin lebih tepatnya, mengatasi hutang pinjaman online atau fintech.

Karena, KTA (Kredit Tanpa Agunan) sendiri lebih banyak disalurkan oleh bank dengan prosedur bertemu langsung dan menandatangani akad hutang.

Cara Melunasi Hutang KTA Online: Panduan Praktikal
Cara Melunasi Hutang KTA Online: Panduan Praktikal

Berikut ini panduan penting yang praktikal agar anda bisa menggapai impian bebas hutang riba.

Setiap hutang memiliki karakteristik berbeda ketika mengatasinya. Karena dalam pinjaman terdapat 2 kategori, ada yang mewajibkan agunan / jaminan fixed asset (collateral) dan ada yang tanpa jaminan.


3 Langkah Cara Melunasi Hutang KTA Online


Fokus artikel kali ini, akan membahas tips pelunasan hutang yang berupa KTA (Kredit Tanpa Agunan / Jaminan) dari aplikasi pinjaman online.

[1] Itikad baik membayar dan melunasi hutang


Pastikan diri anda harus memiliki mindset bahwa hutang dalam bentuk apapun harus dibayar. Jangan sampai anda berpikir untuk ngemplang dari tagihan, karena hal tersebut adalah attitude yang buruk.

Karena saat ini, anda dalam kondisi tidak mampu bayar. Anda hanya butuh tambahan waktu untuk bernapas dan berpikir. Secara hukum perdata ini dibenarkan.

Jadi, tenangkan diri anda terlebih dulu. Selama anda memiliki itikad baik melunasi, Insha Allah ada solusi nantinya.

[2] Stop melakukan apply kredit di aplikasi fintech lainnya.


Ketika anda merasa tidak sanggup membayar hutang di satu aplikasi, maka solusinya adalah cut loss. Sudah biarkan saja menunggak dulu.

Walaupun anda diintimidasi oleh debt collector dengan berbagai ancaman dan fitnah. Tenangkan diri anda untuk tidak melakukan pendaftaran ke aplikasi pinjol lainnya.

Hal ini akan semakin membuat runyam kondisi hutang anda.

Begitupun, kalau ternyata saat ini anda sedang terlilit di puluhan pinjol. Sudah hentikan disana, jangan apply lagi. Karena energi anda akan terbuang percuma, ditambah lagi hutang yang semakin menumpuk.

[3] Jangan bayar dulu dan negosiasi pelunasan


Saat anda menunggak, otomatis anda akan dibebankan bunga dan denda yang terus berjalan harian.

Oleh karena itu, jangan dibayar dulu.

Pada saat menerima penawaran cicilan dari pihak fintech pun jangan dibayar dulu. Mereka menganggap anda mampu, proses pelunasan menjadi semakin sulit.

Pada saat akhirnya anda tidak seperser pun membayar, maka akan muncul penawaran diskon pelunasan atau pembayaran pokok saja.

Intinya, dapatkan persetujuan pembayaran lunas dan selesai.

Itulah langkah praktikal yang bisa anda bisa jalankan saat ini juga.

Selain itu, perkuat mental anda dengan mempelajari pengetahuan 30 hari bebas hutang pada artikel berikut ini. Klik disini.

Khusus pada bab 1 dan 2, di pahami lebih dalam serta diresapi.

Salam lunas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel