Panduan Cara Melunasi Hutang 10 Juta

Apa sih kiat-kiat atau cara melunasi hutang 10 juta? Pertanyaan ini memang sangat spesifik. Mudah-mudahan pada sharing kali ini, anda bisa mendapatkan solusi perihal masalah diatas.

Hutang sebesar Rp 10.000.000, bagi setiap orang akan berbeda-beda. Tergantung kondisi keuangan dan skill dagang (kemampuan memutar uang).

Kalau mau di telusuri, melalui pola yang selama ini dialami masyarakat Indonesia. Seseorang yang memiliki hutang dengan nominal kurang dari 50 juta rupiah.

Panduan Cara Melunasi Hutang 10 Juta
Panduan Cara Melunasi Hutang 10 Juta

Adalah orang yang memiliki penghasilan kurang dari upah minimum yang ditetapkan pemerintah daerah.

Problem keuangan mereka, tidak memiliki penghasilan pasif 2-3 kali lipat dari gaji mereka setiap bulan.


Sebelum ke cara melunasi hutang 10 juta … yuk, kita telisik dulu penyebab mengapa ada orang yang sangat kesulitan membayar hutang senilai nominal tersebut.

  1. Orang Indonesia yang memiliki hutang dengan nominal itu, banyak berasal dari standar ekonomi dibawah rata-rata.
  2. Hutang digunakan bukan untuk modal usaha, tetapi untuk kebutuhan konsumtif. Beli barang elektronik, digunakan untuk kebutuhan dapur dan lain-lain.
  3. Hasil akumulasi dari hutang-hutang kecil, karena aktivitas gali lubang tutup lubang, secara tidak sadar nominalnya menjadi sebesar itu.
  4. Pengetahuan mengenai perencanaan keuangan atau orang-orang biasa menyebutnya melek finansial, sama sekali tidak dimiliki masyarakat dengan golongan ini.
  5. Mereka tidak bisa membagi uang ketika penghasilan tiba, sehingga saat mengalami kebutuhan mendesak, akhirnya mereka berhutang.
  6. Hutang ini banyak disalurkan oleh rentenir berkedok koperasi atau bank keliling/bank titil. Bisa juga dari rentenir online yang mewabah mirip virus saat ini (pinjaman online). Dan sedikit dari lembaga keuangan resmi.

Langkah-langkah Cara Melunasi Hutang 10 Juta


Cara ini bukanlah sesuatu yang instan. Anda boleh berharap cepat, namun tetap ikhtiar menjalankannya dengan berbagai tantangan yang akan hadir.

Amalkan pula doa agar hutang cepat lunas berikut ini, agar beban anda di ringankan dan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

[1] Tenangkan diri anda terlebih dulu. Pahami konsep bab 1 dan bab 2 di artikel cara melunaskan hutang berikut ini.

[2] Pilah hutang-hutang anda yang saat ini mulai melilit. Catat keperluan hutang paling mendesak yang akan jatuh tempo dan yang sudah mendapat ancaman dari debt collector agar menjadi prioritas.

[3] Simpan setiap bukti pembayaran yang telah anda terima selama ini. Agar anda bisa menghitung, berapa kali sisa angsuran yang akan dibayar dan nilai pokok hutang yang berkurang.

Simak juga artikel mengenai cara melunasi hutang rentenir.

[4] Karena sangat sulit sekali mencari pinjaman lunak sebagai bahan take over / pindah hutang dengan bunga nol. Maka ada baiknya anda melakukan negosiasi hutang.

[5] Negosiasi dibutuhkan, sebagai perencanaan pelunasan hutang anda. Sehingga anda tidak melakukan gali lubang tutup lubang. Akui problem anda mengapa belum bisa membayar, namun tetap ada itikad baik untuk melunasi.

[6] Mintalah perpanjangan jangka waktu terlebih dulu. Pada saat pembayaran, mintalah permohonan agar mengurangi pokok hutang.

Atau melakukan restrukturisasi memperpanjang jangka waktu tetapi angsuran lebih rendah.

[7] Jika anda tidak memiliki uang sesuai angsuran atau pelunasan, mulailah membayar semampu kondisi keuangan anda. Jangan sampai kebutuhan pokok keluarga terabaikan.

Misalnya : Gaji anda Rp 2.000.000, maka mulai sampaikan ke debt collector bahwa anda hanya sanggup bayar Rp 300-500 ribu. Karena sisanya untuk kebutuhan primer keluarga dan biaya anak sekolah.

Dengan begitu, si penagih hutang akan berpikir. Anda masih mau bayar, walau nominalnya kecil. Daripada tidak sama sekali.

[8] Tambah skill yang relevan dengan pekerjaan anda atau skill dagang. Tujuannya untuk menambah penghasilan.

Itulah saran yang bisa anda ikuti, untuk mengatasi hutang anda. Tetap tenang, ikhtiar selalu dilakukan dan pasrahkan kepada Allah SWT setiap usaha anda.

Salam lunas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel