Dapatkan Cara Melunasi Hutang Rentenir, Sekarang Juga

Bagaimana sih cara melunasi hutang rentenir? Agar hidup bisa lebih tenang dan bahagia lagi.

Karena betapa pelik hidup ini ketika harus menghadapi kenyataan bahwa kita memiliki hutang yang tak kunjung lunas. Bunga alias riba ataupun denda yang terus bertambah sangat mencekik leher kehidupan kita.

Pada kesempatan yang lain, ada artikel khusus yang membahas cara melunasi hutang dalam 30 hari dengan konsep T.E.N.A.N.G. Metode yang cukup populer dan masih di praktikan sampai sekarang.

Tidak sedikit orang yang terjebak hutang rentenir, karena tidak memiliki ilmu tentang mengatur keuangan. Hal ini sering dialami oleh masyarakat di daerah berkembang.

Tapi jangan khawatir, semoga sharing cara melunasi hutang khususnya kepada rentenir kali ini bisa menyelesaikan masalah anda. Insha Allah.

Dapatkan Cara Melunasi Hutang Rentenir, Sekarang Juga
Cara Melunasi Hutang Rentenir

Cara Melunasi Hutang Rentenir Menurut Islam


Alhamdulillah ... dalam Islam setiap problem Insha Allah ada solusinya. Begitu pula masalah hutang piutang.

Karena hutang kepada rentenir merupakan bagian dari kegiatan riba. Maka solusinya adalah dengan bertaubat terlebih dulu.

Apapun kondisi anda saat ini, baik anda masih bayar lancar ataupun sekarang sudah mulai menunggak berhari-hari atau berbulan-bulan. Sehingga aset anda mulai diancam akan disita atau dijual.

Allah SWT memerintahkan hambanya untuk bertaubat, memohon ampun kepada-Nya. Ketika limpahan rahmat dan ridho Allah turun, Insha Allah problem utang anda akan menjadi lebih ringan bahkan lunas.

Doa Menghadapi Rentenir


Ustadz-ustadz kita sering menyampaikan, bahwa tidak penting bahasa yang digunakan ketika kita memohon dalam doa. Karena Allah Maha Mengetahui.

Sampaikan saja doa anda selepas sholat dengan bahasa sehari-hari. Ucapkan dengan rasa khusyuk dan berharap doa anda di dengar oleh Allah.

Contoh doa-doa yang bisa di munajatkan bisa dibaca di artikel kumpulan doa agar hutang cepat lunas.

Beberapa orang yang sering saya lihat, keajaiban sholawat yang menjadi salah satu pemicu doa-doa terkabul. Tentunya dibarengi dengan perbaikan ibadah.

Menurut Habib Novel Alaydrus, “sholawat itu sayapnya doa”.

Pastikan anda selalu meluangkan waktu khusus untuk bersholawat. Agar Allah memudahkan anda bisa menghadapi rentenir dengan rasa tenang.

Cara Melunasi Hutang Riba Rentenir


Menghadapi rentenir harus punya strategi, intinya tetap tenang ketika mendapatkan intimidasi dari penagih hutang. Anda bisa coba untuk ikuti langkah berikut ini.

  1. Jangan panik sehingga anda bisa menghindari gali lobang tutup lobang.
  2. Siapkan bukti pembayaran yang telah anda bayar selama ini.
  3. Negosiasi kepada si penagih hutang bahwa anda sedang mengalami kesulitan keuangan. Mungkin anda hanya bisa bayar seperempat atau setengah dari angsuran.
  4. Sampaikan bahwa, selama ini anda sudah lancar membayar sampai sekian angsuran. Tinggal beberapa angsuran lagi akan lunas. Hal ini untuk memberikan pemahaman ke rentenir dia sudah dapat untung setiap bulannya.
  5. Minta kelonggaran waktu atau keringanan bayar pokok hutang saja.
  6. Pada saat pembayaran, apakah untuk pelunasan atau pembayaran angsuran pokok. Simpan bukti pembayarannya.
  7. Jika kondisi anda tertekan oleh teror debt collector, ingat bahwa hutang itu ada pada ranah perdata bukan pidana. Selama tidak ada kekerasan yang melukai anda, maka anda bisa tenang. Sampai anda bisa mendapatkan uang untuk membayar.

Cara Mengatasi Hutang Koperasi Harian



Hutang riba ini ibarat terjun ke lubang, tetapi berat sekali untuk keluar karena ada hukum massa jenis yang membuat kita selalu jatuh ketika memanjat keluar.

Begitu pula dalam mengatasi hutang, apalagi yang sudah tertunggak di koperasi harian.

Pada poin teknis, anda bisa baca langkah-langkah pada cara melunasi hutang riba rentenir diatas.

Kalau ingin lebih ekstrem lagi, adalah mulai menjual aset-aset anda dengan harga murah atau mungkin sesuai pokok hutang saja. Namun ini optional.

  1. Kalau pinjaman anda tanpa jaminan, anda bisa negosiasi untuk kelonggaran waktu dan membayar hutang pokok saja.
  2. Kalau terdapat jaminan, solusinya anda negosiasi untuk anda yang menjual asetnya. Agar harga jualnya bisa lebih tinggi dari hutang pokok yang anda miliki.

Cara Melunasi Hutang Rentenir Online


Rentenir online atau biasa disebut pinjaman online. Memang telah mewabah layaknya pandemik yang menyerang masyarakat Indonesia.

Ketika anda menunggak, kerap kali debt collector mengancam dan memfitnah bahwa anda harus di bumi hanguskan.

Secara sederhana hutang wajib dibayar, karena akan selalu menjadi beban di akhirat nanti dan juga ahli waris kita.

Namun, ada kondisi hutang riba yang anda dapatkan dari pinjaman online ini akan memporak-porandakan kehidupan anda. Disebabkan karena bunga denda yang terus bertambah dan jangka waktu yang sangat pendek.

Jika anda dalam kondisi menunggak, coba ikuti tips berikut ini.

  1. Sampaikan lebih dulu ke kontak-kontak yang anda miliki di handphone bahwa jika ada yang mencari anda dengan tuduhan-tuduhan yang buruk. Mohon diabaikan.
  2. Negosiasi bahwa anda tidak punya uang saat ini. Jangan berikan waktunya kapan, tetapi sampaikan bahwa anda sedang berusaha untuk segera membayar.
  3. Tetap tenang berbagai kondisi yang mengancam kondisi anda. Jangan mendaftar aplikasi lainnya. Hindari gali lubang tutup lubang.


Cara Melunasi Hutang Rentenir Tanpa Uang


Mungkin saat ini anda cukup kebingungan, saat tagihan sudah jatuh tempo namun belum ada uang ditangan. Apalagi, disaat bersamaan kebutuhan pokok keluarga masih tidak terpenuhi.

Jika kondisi kamu seperti ini, ada baiknya untuk melakukan negosiasi kepada rentenir dulu.

Yaitu anda harus negosiasi waktu.

Apapun perkataan rentenir. Baik berupa ancaman atau hal-hal yang menakuti anda. Tetap usahakan diri anda tetap tenang dan tidak untuk melakukan cara gali lubang tutup lubang.

Hutang ditutup dengan utang lainnya, malah membuat diri anda semakin terbenam dalam lumpur hutang riba.

Jadi, kalau tidak punya pahami konsep Tuhan dan Endapkan di artikel cara melunaskan hutang.

Undang-Undang Membungakan Uang Rentenir


Secara hukum positif, pinjam meminjam dengan tambahan bunga dapat dibenarkan. Hal ini termaktum pada Pasal 1765 KUHP Perdata.

Untuk nominal bunga, tidak ada ketentuan mengenai hal tersebut. Tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak, yaitu kreditur dan debitur.

Simak artikel mengenai rentenir di link berikut ini. Klik disini.

Itulah mengapa, rentenir bisa menawarkan bunga sampai lebih dari 10% perbulan. Sangat diluar kewajaran sebagai manusia menurut saya.

Inipun akhirnya dipraktekkan pula sekarang oleh lintah darat online alias pinjaman online (fintech).

Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang Rentenir Tahun 2020


Sejauh ini ada satu lembaga yang bisa membantu masyarakat untuk mengatasi hutang. Yaitu Amalan.com. Merupakan perusahaan manajemen utang yang tercatat di OJK.

Kalau anda ingin menggunakan jasa ini, sepertinya nominal hutang yang anda miliki harus cukup besar. Sekitar Rp 100 juta keatas.

Selain itu, anda tetap harus memiliki kemampuan mengatur keuangan juga. Namanya perusahaan, tentu membutuhkan biaya atas jasa yang mereka berikan.

Untuk skala kecil, ada Satgas Anti Rentenir tetapi saat ini masih beroperasi di Kota Bandung.

Tujuannya untuk membantu warga yang terjerat utang dengan cara advokasi/pendampingan sampai take over ke mitra. Sehingga pembayaran hutang bisa lakukan bunga kecil bahkan nol.

Alamat terletak di Jln. Sukarno nomor 1 Kota Bandung. HP : 0811-2131-020.

Orang Yang Bisa Membantu Melunasi Hutang Rentenir


Mungkin ada kalanya anda merasa tertekan dengan berbagai tagihan hutang yang mencekik. Sehingga menurunkan produktifitas kerja dan bisnis anda.

Mungkin anda berharap ada yang mau meminjamkan uang sementara waktu untuk melunasi hutang kepada rentenir tersebut atau biasa disebut pinjaman lunak.

Tetapi peluang untuk tidak menemukan orang seperti itu pun perlu anda pertimbangkan.

Jadi, jangan terlalu berharap banyak.

Apalagi ternyata hutang yang anda miliki cukup besar. Orang akan berpikir untuk tidak membantu biasanya.

Lebih baik anda mulai memberanikan diri bernegosiasi dengan rentenir tersebut.

Meminta untuk perpanjangan waktu pembayaran dan pembayaran pokok tanpa bunga serta denda setiap anda membayar.

Kehidupan Rentenir


Dalam berbagai kisah yang disampaikan melalui sinetron televisi menunjukkan akhir hidup si Rentenir mendapatkan azab ketika akan meninggal dunia.

Beberapa waktu yang lalu pun pernah saya dengar tausiyah dari Ustadz Najmi Umar Bakkar. Walaupun bukan kehidupan rentenir, namaun aktivitas pekerjaannya sama dengan rentenir. Yaitu mendapatkan keuntungan dari riba.

Seorang pegawai bank yang rajin ibadah menurut rekan sejawatnya. Diakhir hidupnya meninggal dengan cukup mengejutkan keluarga dan tetangga karena kondisi mayit dalam kondisi hangus ketika lubang kubur di gali.

Karena pada saat itu, keluarga mayit salah lubang kubur dan diminta di gali kembali oleh keluarga jenazah yang lain.

Namun intinya, setiap riba yang didapatkan dalam mencari rezeki adalah pilihan yang salah besar.

Mereka yaag tetap melaksanakan aktivitas tersebut sama dengan mengajak perang Allah dan Rasul-Nya. Astagfirullah.

Allahualam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel